A Little Sacrifice, Maybe?

Gw ngerasa posting kali ini perlu disampaikan dalam Bahasa Indonesia karena menyangkut mentalitas orang-orang menyangkut pekerjaan kita sebagai desainer dan terhadap hukum.
Beberapa hari sebelumnya, dosen gw bilang kalau ada kalanya kita perlu say 'NO' untuk order klien demi memberi sedikit edukasi. Istilahnya, sedikit pengorbanan. Dan ga lama, gw diperhadapkan dengan keadaan yang sama.

 Jadi, gw disuruh ke kantor paman gw untuk revisi pekerjaan sebelumnya sama dikasih brief kerjaan baru. Ternyata kerjaan baru ini itu bikin binder yang kliennya sendiri(pegawai paman gw) belum tau mau bikin kayak apa. Dia bilang, coba cari gambar di google trus diambil buat cover binder,terus watermarknya diilangin. Nah loh, gw pikir ini kok malah nyolong. Gw kasih saran buat beli aja gambar ilustrasi yang art student bikin dan dijual di web. Kliennya ini ngotot kalau ga perlu bayar"an dan maunya yang gratis aja, selain itu cuma karakter disney dan hello kitty yang laku. Perlu diketahui, beli gambar itu murah, ga akan lebih mahal dari 10 dolar. Akhirnya gw tanya direct aja, sebenernya kerjaan gw ini apa sih?ngapusin watermark dan tracing karakter disney segala? Ternyata dia bilang iya, dan otomatis gw tolak. 

Di sini gw ngasih tau kalau segala sesuatu ada copyright dan kita ga bisa maen ngambil gitu aja. Si klien ini bilang 'ah dulu ga ketauan kok, lagian ga bakal tau juga orang sananya'. Gw ga mau karena kalau" dalam 1:1000 chance kita kena tangkep, gw juga bakal ikut kena tuntut. Lulus aja belom, nama udah rusak. Setelah gw jelasin kondisinya, gw kasih tau ke dia kalau lebih baik sewa operator aja yang bisa photoshop dan segala macem software desain, lebih murah daripada desainer. Nah di sini, paman dan klien gw ini, sama" nanya "beda operator sama desainer apa?" 
Omaigot, ini udah job gw yang kedua dan ternyata selama ini gw dianggep operator. Okay, gw jelaskan dengan seksama bedanya apa.

Belum habis capeknya gw menjelaskan banyak hal dan akhirnya mereka accept kalo gw ga bisa nerima kerjaan ini,si klien ceramahin gw "kamu jadi desainer ga usah terlalu ikut aturan lah, aturan ada buat dilanggar". OH REALLY? Jadi di benak gw, ga heran aja ini negara ga maju". Orang-orangnya mau perubahan tapi ga mau berubah. Kenapa ya di sini, orang lebih takut hukum norma dibanding hukum tertulis?Ada yang salah dengan pikiran mereka? Misalnya aja, Inul yang goyang pantat lebih ditakutin dan segera diharamkan daripada kena surat tilang polisi karena ga pake helm. Memang sampe sekarang gw ga bisa menerima mindset seperti itu, aturan buat dilanggar. Terus buat apa ada aturan? Bisa dibayangin kalo ga ada aturan manusia itu kelakuannya bakal sama aja kek hewan? Itu gunanya aturan, biar hidup lebih teratur biarpun yang namanya pelanggaran akan terus ada.

Nah balik ke soal kerjaan desainer. Soal nyolong gambar yang punya copyright, itu keliatan sepele buat beberapa orang. Tapi semua pekerjaan ada kode etik nya. Ini baru desainer, belum dokter. Kalau dokter melanggar bisa dicabut ijinnya. Sering banget, orang ga ngerti pekerjaan kita sebagai desainer itu apa. Entah karena kata 'desainer' itu bukan Bahasa Indonesia yang baik dan benar atau hal lain. Mungkin karena orang awam emang ga tau desainer itu pekerjaan apa, sama seperti gw yang ga gitu tau bedanya Sistem Informasi dan Sistem Komputer ato sejenisnya. Memang jadi desainer ada gengsinya tersendiri, tapi ada juga ga enaknya karena ini bukan bidang yang orang tahu, semacem double edged sword. Aneh ya?Desainer lulusannya ribuan, tapi tetap orang kurang ngerti lingkup kerja kita itu seperti apa. Padahal, kalau kita bilang 'dokter', semua orang tahu. Gw berasumsi ini karena left-brained people lebih dihargai di Asia. Jago matematika=genius. Padahal genius itu relatif, bisa dari berbagai bidang.

Yah terlepas dari suka dukanya ini pekerjaan, mungkin ada benernya juga kata dosen. Kadang, kita mesti ngorbanin sedikit demi 'mengedukasi' para klien" ini. Supaya nantinya ga lagi kita dianggap operator semata, atau didiskriminasi karena kerjaan kita 'cuma gambar'.
End of my rant.

Comments

Popular Posts