Ask yourself before you ask me

Gw bukan orang yg nasionalis. Kadar nasionalisme gw 0 besar. Entah sejak kapan, gw mulai ngerasa yang namanya upacara itu cuma formalitas. Mengheningkan cipta cuma sekedar nunduk doang(emang ada yang doa?bner kan?). Bukan cuma upacara, tapi segala bentuk pemerintahan(politik2 gaje gitu), mental bangsa ini yang close-minded dan pemerintahnya, dll. 
Gw baru blak-blakan dan sadar soal ini pas SMA. Dan ketika gw ngomong itu ke temen gw, dia nanya gw 'jangan tanya apa yang negara sudah lakukan untukmu, tapi tanya apa yang sudah lu sudah lakukan untuk negara.'

Pas gw nginget" lagi itu pertanyaan, akhirnya sekarang gw tahu apa yang seharusnya gw jawab pas saat itu. Setelah mengamati bertaun-taun mental dan kelakuan bangsa ini, gw menemukan penyakit akut yaitu 'SOK nasionalis'. Banyak orang yg sok nasionalis melemparkan pertanyaan macem itu ke orang yang ga nasionalis macem gw. Nah, gw tanya balik 'APA yang sudah lu lakukan buat negara yang lu ngakunya cinta sama ni negara?'
Ngakunya cinta negara, tapi ngebetulin diri sendiri aja ga bisa. Contohnya yang gampang aja, budaya NGARET. Perlu ditanya?orang Indonesia selaluuuuu telat. Janjian jem 11, baru jalan juga jem 11. Mungkin ada yang bingung, apa hubungannya ngaret sama nasionalis. Pernah belajar KWN? Gw inget banget katanya untuk memerjuangkan kemerdekaan secara modern tuh bukan dengan perang, tapi sebagai pelajar kita mesti belajar dengan tekun alias menjalankan perannya masing" dengan baik. Kan enak kalo setiap orang tepat waktu. Seenggaknya ini negara dikenal sebagai negara yang disiplin gitu.

Keadaan kelas jem 7.25(masuk jem 7.20)

Kalo hal yang kecil aja kek ga ngaret aja ga bisa dilakuin, jangan mimpi mau ubah negara

Di tempat gw kuliah banyak yang ngumbar" nasionalisme. Berhubung gw kuliah desain, ga sedikit yang ngedesain tujuannya demi negara. Mulai dari desain berbau batik lah, dikasih tag '100% Indonesia' lah, dll. Ironisnya, orang" macem ini juga yang kalo kuliah ga bisa disiplin. Kadang gw sampe kasian juga sama dosennya. Ga usah jauh", buang sampah aja sembarangan. Selokan depan kampus tuh super bagus, warna warni gara" bungkus plastik makanan. Nah, ntar banjir, trus kalo udah banjir, marah", nyalahin pemerintah, demo" ga jelas di MPR. Oke, mungkin agak kejauhan, tapi bener kan?Orang cuma bisa nyalahin orang lain atas kesalahan yang sebenernya mereka lakukan sendiri. 


Ada lagi hal yang mau gw kritik, yaitu soal demo alay. Kenapa demo alay? Karena mereka ga jelas tujuannya demo tuh apa. Pas ada kejadian kasus di mana satu mahasiswi hilang dan ditemuin udah meninggal dibunuh, di forum k**k*s ada oknum" yang ngomong 'Mana nih mahasiswa B***s??Turun ke jalan dong!'
Wah pikir gw, sampah bener ini mental mahasiswa jaman sekarang. Bukan generalising, tapi sebagian besar itu begitu. Dikit" demo turun ke jalan trus ujung"nya rusuh kek orang liar. Gw tau Indonesia itu kedaulatan rakyat, tapi bukan berarti kalo lu demo minta presiden turun, dia langsung turun. Itu ga mengubah apa". Ga ngefek malah. Mendingan mikirin jalan lain yang lebih friendly tapi berpengaruh besar. Kenapa ga belajar yang bener biar bisa gantiin pemerintah yang korup? Ngaku nasionalis tapi malah ngerusak, cuma SOK nasionalis.


Gw kaga peduli orang mungkin mau marah gara" liat postingan blog gw. Seberapa banyak pun orang berdebat sama gw, pemikiran gw ga akan berubah. You can't deny my post has some truth in it. Jangan nasionalis trus jadi delusional(cari artinya di kamus). Mungkin bakal ada orang yang nanya lagi ke gw 'Lu kan tinggal dan lahir di Indonesia, udah sewajarnya dong kalo lu harus membela bangsa ini!'
Jawaban gw adalah, gw ga memilih di mana gw dilahirkan. Tuhan yang milih. Seandainya gw bisa milih gw udah lahir di luar negeri. Dan gw juga ga berencana tinggal di sini lama". Begitu punya duit langsung cabuuuuddd ke luar. Bukan berarti juga di luar lebih baik dan aman, tapi setidaknya gw mau tinggal di tempat yang mental masyarakatnya baik dan open-minded. Nasionalis bukan berarti membela negara dengan sepenuh hati tanpa melihat kenyataan. Tolong pikir lagi dua kali sebelum ngaku cinta negara. Layakkah u men-declare seperti itu?






Sincerely,




From someone who doesn't even have an ounce of nasionalism


NB: gw selalu tepat waktu dan tidak pernah membuang sampah sembarangan. Nyontek pun ga pernah dari dulu. Yah setidaknya gw sudah menjalankan peran gw dengan lebih baik dibandingkan orang yang 'sok nasionalis' itu

Comments

  1. Icel minta dikecup :*

    sumpah cel setuju banget. apaan sih ngaku" nasionalis batik"an desain indo"an tapi masih ngerokok, nyampah dimana", ngomong kasar kayak gak pernah disekolahin, janjian ngaret terus, berlaku anarkis. dikira yang kayak gitu keren? dream on people, dream on!

    bukannya berarti menjadi "netral" itu yang terbaik, but still: jauh lebih baik daripada jadi munafik :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts